4 Penyebab Utama Keputihan

4 Penyebab Utama Keputihan - Ada banyak penyebab keputihan, banyak pakar kesehatan reproduksi yang membuat klasifikasi tentang hal tersebut. Tetapi secara umum, penyebab keputihan hanya berkisar pada 4 hal berkut ini. Penyebab utama keputihan antara lain bakteri, virus, jamur atau juga parasit.

Adanya Infeksi yang disebabkan oleh ke empat hal tersebut dapat menjalar dan menimbulkan peradangan ke saluran kencing,  sehingga menimbulkan rasa pedih saat si penderita buang air kecil.



Berikut ini 4 penyebab utama keputihan :

A.    Jamur 

Umumnya disebabkan oleh jamur candida albicans yang bisa menyebabkan rasa gatal di sekitar vulva / vagina. Infeksi ini berupa warnanya putih susu, kental, berbau agak keras, disertai rasa gatal pada kemaluan. Akibatnya, mulut vagina menjadi kemerahan dan meradang. Hal tersebut biasanya terjadi pada saat  kehamilan, penyakit kencing manis, pemakaian pil KB dan rendahnya daya tahan tubuh menjadi sebab utama. Bayi yang baru lahir juga bisa terkena penyakit keputihan dikarenakan jamur Candida karena saat persalinan tanpa sengaja menelan cairan ibunya yang menderita penyakit tersebut.

Baca Juga : Obat Keputihan Alami dan Tradisional

B.     Parasit  

Biasanya Parasit trichomonas vaginalis yang menular dari hubungan seks ditularkan lewat hubungan seks, perlengkapan mandi, pinjam-meninjam pakaian dalam,  atau bibir kloset. Cairan keputihan sangat kental, berbuih, berwarna kuning atau kehijauan dengan bau anyir.  Keputihan karena parasit tidak menyebabkan gatal, tapi lubang vagina akan terasa sakit bila ditekan.


C.     Bakteri  

Bakteri gardnerella biasa pada keputihan disebut bacterial vaginosis. Infeksi ini menyebabkan rasa gatal pada bagian vagina dan sangat mengganggu penderitanya. Warna cairan keabuan, berair, berbuih, dan berbau amis. Beberapa jenis bakteri lain juga memicu munculnya penyakit kelamin seperti sifilis dan gonorrhoea.
bakteri biasanya muncul saat kehamilan, gonta-ganti pasangan, penggunaan alat kb spiral atau iud.

D.    Virus

Keputihan akibat infeksi virus juga sering ditimbulkan penyakit kelamin, seperti condyloma, herpes, HIV/AIDS. Condyloma ditandai tumbuhnya kutil-kutil yang sangat banyak disertai cairan berbau. Ini sering pula menjangkiti wanita hamil.Sedang virus herpes ditularkan lewat hubungan badan. Bentuknya seperti luka melepuh, terdapat di sekeliling liang vagina, mengeluarkan cairan gatal, dan terasa panas. Gejala keputihan akibat virus juga bisa menjadi faktor pemicu kanker rahim.

Baca disini untuk mengetahui cara mengatasi keputihan dengan obat herbal