9 Cara Efektif Untuk Menjaga Kesehatan Pada Organ Intim Wanita

9 Cara Efektif Untuk Menjaga Kesehatan Pada Organ Intim Wanita - Vagina atau juga disebut organ intim merupakan salah satu alat atau organ yang terpenting bagi wanita. Oleh sebab itu kesehatan pada vagina wajib atau mutlak harus dijaga dengan baik setiap wanita maupun anda. Menjaga kesehatan organ intim bisa menghindarkan anda dari adanya infeksi jamur serta bakteri yang menyebabkan bau pada vagina atau organ intim.




Inilah 9 Tips Menjaga Kesehatan Pada Organ Intim Wanita

1. Jangan memakai sabun

- Anda mungkin pernah merasa tidak pede atau percaya diri dengan adanya bau pada vagina anda, maka dari itu anda seringkali memakai sabun untuk membersihkannya. Sebenarnya hal ini salah, padahal sabun itu mengandung zat bahan kimia yang bisa merusak pada keseimbangan pH vagina. Sebab itu ketika anda sedang dalam keadaan menstruasi, sebaiknya anda cuci saja dengan memakai air yang bersih saja.



2. Jangan memakai parfum

- Agar meningkatkan keharuman pada vagina anda, maka biasanya anda memakai parfum yang disemprotkan pada area vagina. Sebenarnya sih itu juga salah, karena kandungan alkohol yang terdapat pada parfum tersebut itu bisa merusak pH vagina, yang sehingga vagina anda rentan akan terhadap iritasi.

3. Jagalah kebersihan ketika menstruasi

- Ketika menstruasi, kebersihan pada vagina  merupakan hal yang terpenting. Ya setidaknya gantilah pembalut setiap 3 sampai 4 jam sekali saja guna menghindari kuman serta bakteri yang menyebabkan iritasi berkembang biak.

4. Pakailah celana dalam berbahan katun

- Bahan katun akan bisa mudah menyerap keringat jika dibandingkan sama bahan material kain yang lainnya. Katun juga bisa mencegah adanya infeksi jamur yang sering terjadi karena lembap.

5. Kenakan pakaian longgar

- Pakaian atau baju yang sangat ketat bisa menyebabkan vagina anda menjadi lembap. Akibatnya jamur serta bakteri pun akan lebih mudah bertumbuh. Selain itu juga, pakaian yang ketat akan menyebabkan sebuah infeksi dan juga ruam.

6. Mencukur rambut kemaluan

- Rambut kemaluan bisa menjadi sebuah sarang tumbuhnya bakteri dan juga jamur yang bisa menciptakan infeksi di organ intim. Sebab itu anda rajin-rajinlah untuk selalu mencukur bulu kemaluan anda demi kesehatan pada vagina anda sendiri.

7. Lakukan senam kegel

- Senam kegel akan sangat membantu anda dalam memperkuat pada otot-otot di organ intim dan juga vagina. Otot yang kuat bisa membuat suatu hubungan seks anda dengan pasangan anda akan menjadi lebih nikmat.

8. Minum banyak air

- Air putih sangat baik untuk menjaga kesehatan pada vagina anda, air akan mampu membuang segala bakteri yang ada didalam tubuh anda melalui urin.

9. Kunjungi ginekolog anda

- Jika anda menemukan adanya gejala yang aneh pada vagina anda, maka sebaiknya anda segeralah periksakan ke dokter. Pastinya tindakan untuk mencegah sangat lebih baik ketimbang tindakan mengobati.

Nah, selesai sudah info mengenai organ intim yang wajib untuk kita jaga kesehatannya dengan cara mengikuti aturan 9 Cara Efektif Untuk Menjaga Kesehatan Pada Organ Intim Wanita ini. Dan biasakan tips-tips tersebut dalam keseharian anda, karena mencegah itu lebih baik dari mengobati. Terima kasih....