Cara Mudah Mengatasi Gatal-Gatal Pada Payudara

cara mudah mengatasi gatal pada payudara
Cara Mudah Mengatasi Gatal-Gatal Pada Payudara – Serangan penyakit gatal-gatal di area puting bisa dialami oleh siapapun, baik wanita yang dewasa maupun wanita yang remaja. Penyebab yang melatar belakangi munculnya gatal-gatal di area puting bisa disebabkan berbagai macam di mulai dari iritasi pada kulit dan bahkan hingga kanker payudara.


Tetapi penyebab yang paling umum dari adanya gatal tersebut pada payudara wanita ialah kondisi “Atopic Dermatitis” atau “Eczema”, yaitu merupakan sebuah kondisi kulit seseorang wanita yang telah mengalami peradangan. Munculnya Atopic Dermatitis ini belum diketahui dengan pasti penyebabnya. Namun, kondisi tersebut bisa menyebabkan terjadinya pada kulit kering, kulit gatal bahkan hingga ruam. Namun, selain itu juga ada beberapa faktor dari kebiasaan anda sendiri dalam sehari-hari yang dapat menyebabkan timbulnya gatal-gatal pada payudara dengan diantaranya :

1. Deterjen ataupun sabun pembersih yang dipakai untuk mencuci pakaian atau juga 
    pakaian dalam.

2. Adanya tambahan pada kandungan pewangi buatan (Sejenis parfum) yang telah 
    bersentuhan dengan kulit.
3. Kandungan didalam sabun mandi yang tak cocok dengan kulit anda.
4. Ketidakcocokan antara kain wol dengan kulit payudara.
5. Kulit payudara anda alergi dengan bahan pakaian dalam anda.

Selain penyebab gatal pada payudara yang berasal dari bagian luar, kondisi seorang ibu yang sedang hamil pun juga bisa menyebabkan payudaranya mengalami pembesaran. Kulit yang tertarik serta meregang bisa menyebabkan timbulnya gatal-gatal dan juga kulit pecah-pecah.

Dorongan untuk menggaruk-garuk kulit dibagian payudara itu merupakan sebuah gejala awal dari kondisi gatal payudara. Hal tersebut tentunya diikuti dengan rasa ketidaknyaman yang terkadang muncul tiba-tiba atau terus-menerus. Karena terasa gatal sekali, otomatis anda menggaruk-garuk kulit yang halus di bagian payudara tanpa menyadarinya, sehingga bisa mengakibatkan kulit tersebut berubah warna menjadi kemerahan, pecah-pecah, membengkak atau juga bersisik tebal.

Walaupun menggaruk itu membantu sedikit untuk menghilangkan rasa gatal-gatal, tetapi kerusakan kulit bagi mereka menjadi salah satu dampaknya.

Nah, oleh karena itulah kalau rasa gatal-gatal tersebut tak kunjung hilang ketika setelah beberapa hari atau bahkan semakin memburuk saja, maka periksakan segera ke dokter. Terlebih lagi kalau rasa gatal-gatal tersebut di iringi dengan keluarnya sebuah cairan yang berwarna kekuningan, kecoklatan atau juga munculnya gejala kayak seperti kondisi mastitis. 

Untuk sedikit mengatasi semua itu anda ikuti cara perawatan dibawah ini :

1. Basuhlah payudara dengan air hangat dan dengan sabun yang berbahan lembut guna 
    membantu meredakan rasa gatal-gatal.
2. Memakai krim dengan tanpa adanya tambahan pewangi lainnya maupun pewarna atau 
    pakai krim Corticosteroids” bisa meredakan radang pada kulit.
3. Hindari memakai bahan-bahan yang bisa menimbulkan alergi, sebab justru itu bisa 
    membuat gatal - gatal pada kulit semakin bertambah.
4. Buat ibu yang menyusui, pastikan untuk mengosongkan payudara saat menyusui 
    maupun memerah     ASI. Hal ini bertujuan supaya tidak terjadi penyumbatan, karena 
    ASI yang menumpuk.
5. Ketika menyusui, sebaiknya bisa mengatur posisi kepala si bayi dan tentunya selalu 
    berikan payudara yang sebelahnya atau yang satunya dengan secara bergantian.

Demikianlah informasi kesehatan wanita pada artikel Cara Mudah Mengatasi Gatal-Gatal Pada Payudara tersebut. Adapun tulisan yang diatas tersebut kurang lengkap atau ada kesalahan dalam penulisan, saya berharap anda beserta pengunjung lainnya dapat memahaminya. Terima kasih banyak...